Mengatasi Gagal Masukkan Data Peserta Didik Mutasi Baru Ke Dalam Rombel SD, SMP, dan SMA/SMK



Bagi teman-teman Operator Dapodik baik untuk sekolah jenjang SD, SMP, SMA/SMK, SLB baik Negeri ataupun Swasta mungkin ada yang mengalami permasalahan dalam memasukkan Peserta Didik (PD) baru hasil mutasi dari sekolah lain ke dalam Rombel yang ada pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c.
Bagi yang belum menginstal Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c bisa download / unduh Installernya disini.

Untuk yang sudah terlanjur menarik data PD Non Kelas 1 SD (Kelas 2 s.d. 5), Non Kelas 7 SMP (Kelas 8), Non Kelas 10 (Kelas 11) dan PD tersebut sudah terlanjur masuk ke dalam aplikasi Dapodik, maka data Peserta Didik dalam Rombel tersebut tidak dapat dimasukkan (dimapping) dalam Rombel kecuali ke kelas awal (Kelas 1 SD atau Kelas 7 SMP) dan SMA/SMK Kelas 11, 12. Permasalahan gagal mapping tersebut dapat diselesaikan dengan solusi seperti dibawah ini:
  1. Lakukan Tarik ulang PD secara Online melalui website https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id kemudian pada langkah seperti pada gambar di bawah ini langsung dipilih “Rombel Tujuan” dan pilih Peserta Didik bersangkutan yang akan dimutasi.
  2. Tetap masukkan PD yang sudah di Dapodik tersebut di kelas awal. Kemudian lakukan sinkronisasi.
  3. Setelah sinkronisasi, setelah PD yang baru ditarik sudah otomatis masuk ke dalam Rombel kelas tujuan.
  4. Keluarkan data PD yang ganda dari Rombel kelas awal yang sudah terlanjur masuk di aplikasi Dapodik sebelumnya. Kemudian lakukan sinkronisasi kembali.
  5. Selesai.
Demikian tadi informasi mengenai solusi bagi yang menemui permasalahan gagal dalam memasukkan data Peserta Didik (PD) mutasi baru dari sekolah lain ke dalam rombel SD kelas 2,3, 4, 5, 6, SMP Kelas 8,9, dan SMA/SMK Kelas 11, 12. Semoga berguna.

0 Response to "Mengatasi Gagal Masukkan Data Peserta Didik Mutasi Baru Ke Dalam Rombel SD, SMP, dan SMA/SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==>> <<==