Pedoman Organisasi Dan Tata Kerja Pendidikan Dasar Dan Menengah (SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan SDLB, SMPLB, dan SMALB)



Akan saya bagikan mengenai Pedoman Struktur Organisasi Dan Tata Kerja Pendidikan Dasar Dan Menengah yang  berbentuk  SD,  SMP,  SMA,  SMK,  SLB,  dan SDLB, SMPLB, dan SMALB yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2019. 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, diterbitkan dengan pertimbangan bahwa satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai unit organisasi yang memberikan pelayanan pendidikan di masyarakat membutuhkan susunan  organisasi dan tata kerja yang efektif dan efisien.

Status  Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah adalah Peraturan  Menteri  yang baru dalam rangka kelancaran  dan  ketertiban pengelolaan dan penyelenggaraan  pendidikan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Isi Pokok Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019, antara lain mengatur hal-hal sebagai berikut:
  1. Kedudukan, tugas, dan fungsi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berbentuk SD,  SMP, SMA, SMK, SLB, dan SDLB, SMPLB, dan SMALB.
  2. Struktur organisasi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berbentuk SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan SDLB, SMPLB, dan SMALB.
  3. Bentuk struktur organisasi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berbentuk SD,  SMP,  SMA, SMK, SLB, dan SDLB, SMPLB, dan SMALB.
A. Bentuk Struktur Organisasi SD Berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019


Pasal 11 Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, menyatakan bahwa Susunan organisasi SD terdiri atas:
a.  Kepala;
b.  Kelompok Jabatan Fungsional; dan
c.  Kelompok Jabatan Pelaksana.

Adapun yang termasuk Kelompok Jabatan Fungsional terdiri atas:
a.  guru; dan
b.  pustakawan.

B. Bentuk Struktur Organisasi SMP Berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019


Pasal 12 Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, menyatakan bahwa Susunan organisasi SMP terdiri atas:
a.  Kepala;
b.  wakil Kepala;
c.  Kelompok Jabatan Fungsional; dan
d.  Kelompok Jabatan Pelaksana.

Ditegaskan bahwa Wakil Kepala pada jenjang SMP paling banyak 3 (tiga) orang. Wakil Kepala melaksanakan tugas di bidang akademik, kesiswaan, hubungan masyarakat, sarana dan prasarana,  dan administrasi Satuan Pendidikan.

Adapun yang dimaksud Kelompok Jabatan Fungsional terdiri atas:
a.  guru; dan
b.  pustakawan.

C. Bentuk Struktur Organisasi SMA Berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019


Pasal 13 Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, menyatakan bahwa Susunan organisasi SMA terdiri atas
a.  Kepala;
b.  wakil Kepala;
c.  Subbagian Tata Usaha; dan
d.  Kelompok Jabatan Fungsional.

Ditegaskan Wakil Kepala pada jenjang SMA paling banyak 4 (empat) orang. Wakil Kepala melaksanakan tugas di bidang  akademik, kesiswaan, hubungan masyarakat, sarana dan prasarana,  dan administrasi Satuan Pendidikan. Subbagian Tata Usaha dipimpin  oleh  kepala  yang  membawahi Kelompok Jabatan Pelaksana.

Adapun yang termasuk Kelompok Jabatan Fungsional terdiri atas:
a.  guru; dan
b.  pustakawan.

D. Bentuk Struktur Organisasi SMK Berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019
 

Pasal 14 Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, menyatakan bahwa Susunan organisasi SMK terdiri atas
a.  Kepala;
b.  wakil Kepala;
c.  Subbagian Tata Usaha; dan
d.  Kelompok Jabatan Fungsional. 

Ditegakan bahwa Wakil Kepala pada jenjang SMK paling banyak 4 (empat) orang. Wakil Kepala melaksanakan  tugas  yang  membidangi  akademik, kesiswaan, hubungan dunia usaha dan dunia  industri, sarana dan prasarana, dan administrasi Satuan Pendidikan. Subbagian Tata Usaha sebagaimana dipimpin oleh kepala yang membawahi Kelompok Jabatan Pelaksana.

Adapun yang termasuk Kelompok Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud terdiri atas:
a.  guru; dan
b.  pustakawan.

E. Bentuk Struktur Organisasi SLB Berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019

Lihat gambar

Pasal 15 Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, menyatakan bahwa Susunan organisasi SLB terdiri atas
a.  Kepala;
b.  wakil Kepala;
c.  Subbagian Tata Usaha; dan
d.  Kelompok Jabatan Fungsional.  

Ditegaskan bahwa Wakil Kepala pada jenjang SLB paling banyak mempunyai 3 (tiga) orang  yang membidangi akademik, kesiswaan, hubungan masyarakat, sarana dan prasarana, dan administrasi Satuan Pendidikan. Subbagian Tata Usaha dipimpin oleh kepala yang membawahi Kelompok Jabatan Pelaksana.

Adapun yang termasuk Kelompok Jabatan Fungsional terdiri atas:
a.  guru;
b.  pustakawan; dan
c.  terapis.

F. Bentuk Struktur Organisasi SDLB, SMPLB dan SMALB Berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019

Lihat gambar

Pasal 16 Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, menyatakan bahwa Susunan organisasi SDLB, SMPLB, dan  SMALB terdiri atas
a.  Kepala;
b.  Kelompok Jabatan Fungsional; dan
c.  Kelompok Jabatan Pelaksana.

Adapun yang termasuk Kelompok Jabatan terdiri atas:
a.  guru;
b.  pustakawan; dan
c.  terapis.

Selanjutnya dalam Pasal 17 Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, ditegaskan bahwa Bentuk struktur organisasi SD, SMP, SMA, SMK, SLB, SDLB, tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak  terpisahkan  dari Peraturan Menteri ini.

Untuk melihat isi lengkap dari Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah ini dapat anda Download / Unduh melalui link ini.
 
Sedangkan lampirannya melalui link ini.

Demikian tadi informasi mengenai Pedoman Organisasi Dan Tata Kerja Pendidikan Dasar Dan Menengah berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019. Semoda Berguna,

0 Response to "Pedoman Organisasi Dan Tata Kerja Pendidikan Dasar Dan Menengah (SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan SDLB, SMPLB, dan SMALB)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==>> <<==