Solusi Mengatasi Kode Registrasi Dapodik yang Hilang atau Lupa



Kode Registrasi Dapodik sangat dibutuhkan oleh Operator Sekolah untuk bisa mengaktifkan dan mengolah aplikasi dapodik sehingga bisa input data sekolah ke aplikasi tersebut. Kode Registrasi Dapodik adalah sebuah Kunci Rahasia (Gabungan Angka dan Huruf) yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Pusat ke masing-masing Dinas Pendidikan Daerah hingga ke UPTD Dinas Pendidikan di tingkat Kecamatan untuk diberikan kepada Operator masing-masing Satuan pendidikan.
 
Akan jadi masalah jika kode registrasi dapodik sekolahnya hilang atau lupa? Lalu bagaimana solusinya? Berikut ini adalah cara atasi kode registrasi yang hilang atau lupa:
 
Cara Pertama:

Cara ini dilakukan jika anda dalam kondisi tidak menginstal aplikasi dapodik sebelumnya. Bagi anda operator sekolah Jenjang Dikdas, anda dapat konfirmasi ke Admin dinas Kabupaten guna mendapatkan kode registrasi anda kembali. Selanjutnya, bagi operator sekolah Jenjang Dikmen, tentunya anda bisa langsung mendapatkan akses password di laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id.
 
Adapun caranya adalah sebagai berikut:
  • Kunjungi laman SDM data pada link berikut ini: http://sdm.data.kemdikbud.go.id. 
  • Silahkan anda login dengan menggunakan user dan password dapodik yang sudah didaftarkan. Bagi anda yang belum pernah mendaftar di laman SDM data Kemendikbud, anda bisa daftarkan akun anda pada alamat berikut ini http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/operatorbaru dengan melampirkan scan SK operator sekolah yang terupdate. 
  • Bagi anda yang sudah berhasil login, silahkan anda klik profil di Akun lalu tunggu proses laman menampilkan data selesai.
  • Silahkan anda pilih menu kode registrasi pada detail data yang sudah disediakan. 
  
Cara yang kedua:

Cara ini dilakukan jika anda sudah instal dapodik sebelumnya tapi anda lupa atau hilang kode registrasinya. Anda dapat melihat log kode registrasi yang anda gunakan dengan menggunakan cara berikut ini:
  • Silahkan buka Local Disk (: C)>>Kemudian buka folder Program Files (x86)>> lalu buka Folder Dapodik >>buka folder webserver >> buka folder logs >> klik dua kali pada file access.
  • Silahkan anda buka file access dengan menggunakan aplikasi notepad. 
  •  

  • Silahkan anda lakukan pencarian kode_registrasi sekolah anda dengan menekan ctrl + F dan mengetikkan "kode_registrasi" (tanpa tanda kutip).
  • Kemudian simpan kode registrasi yang anda jumpai di data log access lalu gunakan untuk registrasi Aplikasi dapodik. Bagi yang belum menginstal Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c bisa mengunduh / download melalui link ini. Dan update Patch versi 2019.d bisa di unduh melalui link ini. Untuk prefill nya bisa di unduh melalui link ini.

Demikian tadi informasi mengenai cara-cara mengatasi kode registrasi dapodik yang hilang atau lupa. Semoga Berguna.

0 Response to "Solusi Mengatasi Kode Registrasi Dapodik yang Hilang atau Lupa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==>> <<==